Senin, 29 November 2010

Amankan warnet dengan “anti exe”


“Gampang-gampang susah,” itulah hal yang sering diucapkan oleh para pengusaha warnet. Memang tidak ada sesuatu apapun tanpa resiko di dunia ini, dan ini yang seharusnya kita jadikan sebagai tantangan untuk menjadi lebih baik. Jika kita lihat sekilas, mungkin kita akan berpikir bahwa membuka usaha warnet itu enak. Kita tinggal sediakan sarana untuk internet dan pemasukan akan mengalir setiap harinya. Ternyata tidak cukup hanya dengan seperti itu, keamanan terhadap kerusakan komputer juga harus kita utamakan baik itu kerusakan software maupun hardware.
Akhir-akhir ini kerusakan software sering menjadi masalah utama bagi para pengusaha warnet, mulai dari kena virus, hang, ada program yang rusak, system bermasalah dan lain sebagainya. Memang kita juga harus mengerti jika komputer di warnet itu dioperasikan  oleh semua orang, baik itu orang yang sudah mengerti computer ataupun sama sekali tidak mengerti apa itu internet. Jadi sangatlah wajar jika mungkin sering terjadi kerusakan software setelah komputer dipakai konsumen.
Untuk mengatasi masalah ini, mayoritas pengusaha warnet menggunakan program deepfreeze. Setiap computer yang di pasang program ini akan dalam kondisi aman meskipun ada kesalahan dalam pengoperasian aplikasi dalam computer, karena semua settingan computer akan kembali seperti semula ketika computer di restart.
Dan selang berjalannya waktu program deepfreeze pun sudah tidak menjadi hal yang istimewa, karena saat ini sudah ada semacam tool atau software untuk membobolnya. Nah,.. maka dari itu tidak ada salahnya jika kita mencoba program lain untuk mengurangi kemungkinan rusaknya software pada computer dengan Anti Executable. Program ini akan memblokir semua file exe yang dijalankan. Dengan program ini kita juga bisa mengelompokkan file executable mana yang boleh dan tidak boleh dijalankan melalui White List dan Black List. Lebih efektif untuk mengurangi kemungkinan terjadi kesalahan pemakaian maupun hal-hal negatif (misalnya menjalankan program untuk merusak jaringan, mengambil bandwidth, dll) yang biasa dilakukan konsumen tidak bertanggung jawab.
Program Anti Executable bisa anda download secara gratis disini lengkap dengan serialnya. Proses instalasinya sebagai berikut :

Tampilan saat Anti Executable dijalankan

 
Setting password anda disini

 
Jangan lupa untuk klik tombol Enable pada “Automatic and White List Creation”. Ini bertujuan agar program yang telah terinstall di computer secara otomatis dijadikan White List dan Program Anti exe akan Enable setelah Restart.

 
Setelah computer restart maka program ini sudah berjalan dan akan memunculkan pesan seperti di bawah jika kita atau seseorang menjalankan File exe yang tidak terdaftar dalam White List.

 
Untuk membuka window program anti exe, cukup dengan menahan tombol Shift kemudian double klik icon anti exe pada systray. Atau bisa dengan kombinasi tombol Ctrl+ALT+Shidt+F10
Semoga bermanfaat untuk para pemilik warnet

Ditulis Oleh : ahmad zahrok Hari: 20.32 Kategori:

4 comments:

  1. tkyu..gan.. infonya..gak pusing lagi dah..

    BalasHapus
  2. kalau masih muncul pesan allow, berarti masih bisa dijalankan dong dgn mengklik allow. gimana solusinya ? suardhie@yahoo.com

    BalasHapus
  3. @ anonim :
    memang muncul "allow" bro, tapi harus masukkan password. jadi program yg tergolongn blacklist tidak bisa dijalankan tanpa memasukkan password

    BalasHapus
  4. terima kasih sharingnya..

    BalasHapus

Follow Me