Kamis, 29 September 2011

Blogging Sekalipun Ternyata Bisa Menginspirasi

Blog merupakan sesuatu yang baru saja saya kenal sekitar setahun lalu, setelah bosan hanya dengan main social networking yang katanya bisa menambah pertemanan, ilmu atau apalah. Memang banyak teman, tapi seperti yang anda tahu semua sekarang banyak pengguna akun social networking (facebook, twitter, de el el) yang bukan orang aslinya. Mereka biasanya hanya bermodal foto menarik (sebagai contoh : gambar wanita cantik) untuk mendapatkan teman sebanyak-banyaknya, sehingga kualitas pertemananpun juga tidak terasa menyenangkan karena kita hanya tiap hari ngobrol, saling sapa dengan orang yang palsu identitasnya.

Dengan semua alasan itulah saya lebih memilih blog, dan ternyata blogging lebih dari itu semua. Selain kita dapat teman baru, kita juga bisa saling share pengalaman, pengetahuan, tukar informasi, dan ada juga yang bisa mendapatkan penghasilan sampingan dari blogging.

Di awal saya blogging, saya hanya berangkat dengan modal yang sangat kecil. Meskipun bisa juga bikin blog dengan tanpa modal, yaitu bikin blog gratisan yang banyak juga peminatnya. Tetapi kata teman saya, jika ingin serius mengapa kita harus setengah-setengah sementara kita punya target yang sangat tinggi misalnya kita mempunyai tekad untuk mendapatkan penghasilan lewat blog? Dan itu sangat mungkin sekali terjadi kepada siapapun termasuk saya dan anda semua.

Saat itu hingga berjalan setahun saya bergantung kepada teman saya, domain saya beli sendiri dan hosting masih ikut teman dengan alasan saya masih punya satu blog. Jadi pada saat itu saya hanya mengeluarkan uang untuk beli domain dan teman saya yang memprosesnya sehingga blog sudah jadi (tinggal pakai) tanpa saya tahu bagaimana proses pembelian domain, hosting dan setup nya. Memang setelah berjalan sekitar 6 bulan saya mulai merasakan hasilnya meskipun hanya sedikit, tapi untuk ukuran blogger pemula yang masih setengah-setengah saya rasa sudah cukup lah hasilnya (pada waktu itu).

Setelah setahun berjalan, saya mulai punya pikiran untuk memiliki hosting sendiri (meskipun shared hosting dan belum yang unlimited). Selama seminggu googling kesana kemari hanya untuk mencari info tentang domain dan hosting, bagaimana cara membelinya, setup, sehingga blog siap dan bisa digunakan. Akhirnya semua itu sudah tercapai, saya sekarang sudah bisa memiliki domain dan hosting sendiri (meskipun pada awal prosesnya saya dibantu teman juga, he he he..). Dan semua terasa berbeda ketika kita sudah mempunyai sendiri dengan hasil jerih payah sendiri meskipun itu hanya satu.

Dari semua hal diatas, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa untuk berangkat menempuh ke suatu titik janganlah setengah-setengah dan jangan takut untuk mengeluarkan modal karena usaha apapun juga membutuhkan modal, apapun itu..!

Bayangkan jika hal diatas bukan membicarakan masalah blog, coba kita terapkan dalam dunia usaha (dalam hal ini wiraswasta mandiri). Domain kita umpamakan sebagai nama usaha, dan hosting sebagai tempat usaha (meskipun kita berangkat dari sesuatu yang kecil). Gambaran pengalaman seperti diatas sangatlah menginspirasi buat saya..

Ditulis Oleh : Unknown Hari: 13.17 Kategori:

0 comments:

Posting Komentar

Follow Me