Selasa, 31 Agustus 2010

Virus Shortcut..??

"Flashdisk saya dicolokin ke komputer orang lain tiba-tiba semua file saya di flashdisc menghilang (kecuali file-file yg diluar folder), yg keliatan cuma beberapa shortcut :
-document
-music
-password
-picture
-video
-zij
-zjI
-zmT
-zOt
-zoY
-zPF
-zRs
-zwo
Hardisk eksternal saya ternyata kena juga (virusnya dah terlanjur masuk system kompie kyaknya) jadi apapun media peyimpanan eksternal yg nyolok ke komputer langsung terkena virus. Kalo flashdisk saya format, virus bersih. tapi pas saya colokin lagi file-file shortcut diatas balik lagi....Gimana caranya balikin file-file yg ada di hardisk saya?"

Itulah keluhan yang sering saya dapatkan dari orang-orang saat ini. Mereka banyak yang bermasalah dengan virus ini, mereka menyebutnya "virus shortcut" meskipun dulu juga ada virus seperti ini yang dikenal dengan nama virus yuyun. Virus yuyun menyebar dengan ciri terdapat beratus shortcut pada semua folder pada semua local disk dan terdapat pesan seperti puisi. Dan virus yang ini mempunyai ciri hampir sama yaitu shortcut, bedanya shortcut hanya ada pada System disk dan yang lebih menjengkelkan lagi, setiap Removable Disk yang di tancapkan pada komputer yang terkena virus ini maka akan secara otomatis ikut terinfeksi. Semua data yang terdapat pada Folder dalam Removable Disk akan ter-hidden (bukan terhapus) kecuali yang berada di luar folder, dan terdapat beberapa shortcut seperti pada gambar di bawah ini.


Kalau keadaan komputer telah terinfeksi virus ini, sepengetahuan saya tidak ada free antivirus (antivirus gratisan) yang bisa mendeteksinya (karena ini pengalaman saya). Sampai pada akhirnya saya menggunakan salah satu antivirus berbayar (ESET NOD32 Ver.4 Business Edition) dan semua masalah teratasi. Virus yang kita kenal dengan "virus shortcut" ini bisa dihilangkan dengan ESET NOD32.



Setelah proses scan selesai maka kita bisa delete (manual) sisa shortcut pada Removable Disk/ Flash Disk yang terkena virus. Dan jangan khawatir dengan data anda yang belum juga muncul (terlihat), karena data (yang terdapat di dalam folder pada Removable Disk/ Flash Disk) sebenarnya ter-hidden. Kita bisa memunculkannya dengan file Kembalikan Hidden





Caranya sangat gampang, kita copykan file Kembalikan Hidden ke dalam Flash Disk kemudian jalankan programnya (dengan meng-klik 2 kali) maka program akan menjalankan tugasnya beberapa saat, dan semua folder akan muncul kembali.


Semoga bisa membantu..



Ditulis Oleh : ahmad zahrok Hari: 11.23 Kategori:

11 comments:

  1. salam sahabat
    ehm kok bisa hehehe..pakai nod juga yach semoga virus ga sampai menyebar aja xixixi good luck

    BalasHapus
  2. ne sob klo mo lebih ces pleng. cukup 5 detik virus short cut bablas angine. http://www.ziddu.com/download/11455553/klikbebas.blogspot.com.rar.html. copy file ini ke flashdisk (jangan digunakan buat hardisk, klo gak paham betul fungsi file ini) --> jalankan file --> ikuti petunjuk --> gak da 5 detik virus hilang, file hilang kembali lagi.

    BalasHapus
  3. makasih boss infonya.. cuman sofware kembalikan hidden nggak punya..bisa dibagi donk...

    BalasHapus
  4. @ Dhana : iya nih.. moga makin aman aja nih kompie
    @ Ilmu Komputer : wah, boleh di coba tuh sarannya.. jadi banyak ilmu nih. Thank's untuk sharing nya bro
    @ Anonim : link ada di atas brada..

    BalasHapus
  5. wah diatas banyak bagi bagi ilmu nie..ikutan ah ^_^

    BalasHapus
  6. silahkan sob, moga bermanfaat ya..

    BalasHapus
  7. nambahin sob... bisa juga menggunakan Microsoft Security Essentials.... nice info..

    BalasHapus
  8. mkash banget nih ka,aku lagi nyari solusinya,hmmm ketemu uga di sini,info nya bagus banget,thanks berat ya

    BalasHapus
  9. ILMU KOMPUTER MENGUCAPKAN :
    “Selamat hari raya Idul Fitri”
    “TAQOBBALALLOOHU MINNA WA MINKUM”
    “MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN”

    BalasHapus
  10. wahhh,,..
    manteppp..

    kbetulan flasdisk aku kena ne viruss marenn..

    thanks a lot bro..

    ariz

    BalasHapus
  11. @Ilmu Komputer.. thx a lotttt.. IT WORKS....

    BalasHapus

Follow Me