Rabu, 21 April 2010

Menulis Huruf Arab pada Windows xp Professional

Mungkin hanya sebagian saja orang yang membutuhkan settingan ini, yaitu bisa menulis arab meskipun hanya memakai sistem operasi windows xp professional (bukan xp arabic). Hal seperti ini biasanya dibutuhkan oleh orang-orang dengan pekerjaan rental komputer sehingga dituntut untuk bisa menangani segala macam hal tentang dunia rental komputer dan pengetikan, termasuk untuk mengetik Huruf Arab. Ada yang berpendapat bahwa untuk bisa mengetik Huruf Arab pada komputer maka harus memakai sistem Operasi Arabic, padahal tidak semua pendapat itu benar.
Jika memang hanya itu yang dibutuhkan maka kita tidak perlu repot mencari windows arabic untuk melakukannya. Cukup hanya dengan menambah bahasa pada regional setting pada control panel dan pekerjaan menulis huruf arab akan selesai dikerjakan.


Untuk menambah bahasa arab pada windows xp profesional ikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Buka Control Panel (Start --> Control Panel)
  • Klik Regional and Language Option
  • Pada Tab Language, beri tanda centang pada "Install files for complex script an right to left languages (including Thai)


  • Klik Apply dan system akan meminta kita untuk memasukkan CD Installer Windows XP.

  • Setelah proses peng-copy-an selesai maka windows akan melakukan restart.
  • Tidak hanya seleai sampai disini, proses diatas hanya untuk mengaktifkan bahasa tambahan saja. Untuk bisa menampilkan bahasa arab maka klik details pada Tab Language di Regional and Language Options

  • Setelah muncul Window baru, klik Add dan pilih bahasa Arabic (Saudi Arabia) kemudian OK

Nah.. dengan settingan ini kita bisa menulis Huruf Arab pada program apa saja,termasuk Microsoft Office. Tetapi mungkin masih ada kekurangan dalam settingan ini, yaitu kita disini hanya bisa mengetik Huruf Arab saja, artinya kita masih belum bisa mengetik Angka Arab.

Ditulis Oleh : Unknown Hari: 21.17 Kategori:

3 comments:

  1. nice tips.. bisa dicoba nich.. kalo mw tker link, pasang linkq dlu truz knfirmasi y. .

    BalasHapus
  2. monggo sob..
    semoga bermanfaat

    BalasHapus

Follow Me