Rabu, 28 April 2010

Promosi Blog

Untuk para Blogger pemula khususnya artikel seperti ini sangat diperlukan, apalagi jika belum mengetahui untuk apa kita mempunyai Blog. Memang alasan masing-masing orang membuat Blog bermacam-macam, dari yang hanya untuk iseng (ikut-ikutan), cari teman baru, cari pengetahuan, dan mungkin untuk cari penghasilan. Nah, kata "cari penghasilan" dalam hal ini sangat luas, bisa juga penghasilan diperoleh dari penjualan suatu produk, jasa dan sebagainya. Atau mungkin saja penghasilan diperoleh seorang Blogger dari bisnis Online.

Tidak akan saya jelaskan banyak tentang bisnis Online, tapi langkah sebelum itu yaitu tentang promosi Blog. Seperti halnya jika membuka sebuah usaha baru, maka promosi sangat diperlukan. Jika tidak dari mana orang lain akan mengetahui bahwa kita mempunyai Blog, bahwa kita mempunyai produk atau jasa yang akan kita pasarkan. Apalagi Blog akan dilihat semua orang di seluruh penjuru dunia. Tak cukup kiranya jika hanya rajin membuat postingan tapi tanpa mempromosikan Blog kita.

Beberapa hal yang mungkin efektif dilakukan bagi para Blogger pemula adalah sebagai berikut :
1. Mendaftarkan Blog di berbagai search engine
Kita tahu ada banyak search engine di dunia maya, seperti Google, Yahoo, Amazon, Altavista, Bing dan masih banyak lagi. Berikut adalah url untuk mendaftarkan Blog pada search engine
Google
http://google.com/addurl.htm
Yahoo
http://siteexplorer.search.yahoo.com
MSN
http://search.msn.com/docs/submit.aspx
Altavista
http://altavista.com/addurl/default
Masih banyak lagi search engine lainnya yang tidak mungkin saya sebutkan semuanya
2. Blogwalking
Untuk mendapatkan banyak teman untuk Blogroll maka sempatkanlah untuk berkunjung ke Blog orang lain sesering mungkin dan buatlah komentar pada buku tamu ataupun pada artikel mereka. Jangan lupa untuk memaang alamat Blog Anda pada blog mereka, dan merekapun juga akan berkunjung ke Blog anda
3. Tukar Link
Atau bahasa yang lebih keren lagi "Link Exchange", yaitu saling bertukar link antara Blogger satu dengan lainnya, ini biasa diebut Blogroll. Maksudnya adalah Anda memasang link (alamat Blog) teman Anda, begitu pula teman Anda juga memasang link Anda pada Blog mereka. Blogroll atau tukeran link tidak harus melalui permintaan, melainkan bias juga dengan suka rela. Misalkan ada Blogger lain yang memasang link Anda (dan Anda mengetahuinya) maka Anda berkewajiban untuk memasang link dia pada Blog Anda. Aktivitas tukar link bisa mempercepat kepopuleran suatu Blog diseluruh dunia, mengalahkan website biasa.
4. Keep Posting
Usahakan membuat postingan secara teratur, misalkan seminggu dua kali. Maka pengunjung akan berkunjung secara teratur juga.
5. Aktif di forum-forum internet
Ada banyak sekali forum di internet yang memperbincangkan banyak hal. Cobalah aktif didalamnya, maka itu juga akan mempercepat popularitas Blog Anda.

Semua langkah-langkah diatas akan membuahkan hasil jika kita serius melakukannya, dan jika popularitas yang Anda cari bertujuan untuk kepentingan penghasilan maka fokuslah pada langkah-langkah diatas. Dan hasil yang Anda cari akan datang dengan sendirinya.

Salam sukses Blogger pemula...!!

Ditulis Oleh : Unknown Hari: 06.33 Kategori:

3 comments:

Follow Me